jurnal internasional manajemen pemasaran
Jurnal Internasional Manajemen Pemasaran
Dalam jurnal pemasaran, manajemen pemasaran adalah salah satu untuk merencanakan, melakukan analisis, melaksanakan, menerapkan dan melakukan pengawasan atau cara mengendalikan semua kegiatan dalam sebuah kegiatan pemasaran yang ada di sebuah perusahaan sehingga apa yang menjadi tujuannya bisa tercapai.
Secara umum, manajemen pemasaran adalah usaha untuk melakukan identifikasi dengan apa yang memang sangat dibutuhkan oleh calon konsumen dan cara mereka dalam memenuhi keinginannya. Untuk bisa melakukan proses identifikasi apa yang menjadi keinginan dari konsumen, maka produsen diharuskan melakukan proses riset lapangan. Beberapa diantaranya adalah melakukan survey mengenai apa yang menjadi keinginan konsumen, sehingga anda bisa mendapatkan informasi apa yang menjadi keinginan dan yang menjadi kebutuhan dari calon konsumen.
Sedangkan konsep pemasaran dalam jurnal pemasaran adalah syarat dalam ekonomi dan sosial untuk bisa melangsungkan kehidupan dari perusahaan yang dijalani. Segala informasi mengenai apa yang menjadi kebutuhan dari konsumen kemudian disampaikan ke pada bagian produksi untuk bisa diwujudkan. Setelah produk sudah terwujud, maka bagian manajemen pemasaran yang akan melakukan proses kegiatan dalam proses untuk menyampaikan produk pada konsumen.
Dalam jurnal pemasaran biasanya ada yang mencontohkan untuk bisnis sablon. Dimana jenis pembisnis akan melakukan survei jenis sablon apa yang paling diminati oleh para konsumen, lalu yang menjadi pertanyaan apakah mereka sudah bisa memenuhi minat tersebut, berapa harga yang bisa mereka bayar untuk produk ini dan bagaimana cara para pembisnis untuk menjawab semua jenis keinginan dan apa yang paling di inginkan ike konsumen termasuk juga dengan proses menjual produk yang memang sudah diinginkannya. Pengertian Manajemen Pemasaran
Dari Ahli Ada beberapa pengertian manajamen pemasaran menurut ahli dalam jurnal pemasaran diantaranya adalah : Menurut Kotler Kotlet menyebutkan jika manajemen pemasaran merupakan proses menganalisa, merencanakan, melaksanakan dan melakukan pengawasan terhadap semua program yang memiliki tujuan untuk menimbulkan proses tukar menukar dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk bisa mencapai tujuan dari perusahaannya.
Menurut Dharmmesta dan Handoko Manajemen pemasaran merupakan sebuah kegiatan pokok yang mana digerakkan oleh pihak perusahaan untuk bisa melangsungkan perusahaannya agar bisa bertahan, berkembang dan mendapatkan keuntungan. Proses ini biasanya dimulai sebelum barang mulai di produksi dan tidak berakhir saat penjualan. Tapi juga perusahaan harus memberikan rasa puas pada konsumennya jika ingin perusahaannya berjalan terus.
Menurut Kotler & Amstrong Manajemen pemasaran merupakan sebuah proses analisis, merencanakan, melakukan penerapan dan mengendalikan program yang dibuat untuk menciptakan, membangun dan juga untuk bisa mempertahankan keuntungan sehingga bisa tepat sasaran sehingga bisa mencapai apa yang menjadi tujuannya
Menurut American Marketing Association Dalam jurnal pemasaran dapat diterjemahkan manajemen pemasaran adalah salah satu langkah yang harus dilaksanakan untuk bisa menyalurkan barang dan jasa dari produsen kepada konsumen atau mereka yang akan menggunakan produk hasilnya nanti.
Unsur-Unsur Manajemen Pemasaran Dalam jurnal pemasaran setidaknya ada 3 unsur yang sangat penting dan selalu ada dalam manajemen pemasaran diantaranya adalah :
1. Melakukan orientasi pada kosumen dan calon pembeli Dan biasanya para produsen yang membuat produk akan selalu berusaha bisa memenhi kebutuhan dan juga kepuasan dari konsumen diaman tujuannya adalah untuk bisa mendapatkan sejumlah keuntungan. Konsumen sendiri ialah salah satu orientasi paling utama yang menjadi salah satu pertimbangannya baik dalam bentuk apapun dan dalam strategi apapun. Dengan begitu dalam proses penjulannya bisnis bisa mengedepankan pihak dari calon pembeli ini yang menjadi bagian dari strategi dalam penjualan serta masuk dalam konsep proses pemasaran yang menjadi perhatian utamanya. Hal ini karena konsumen bisa dikatakan sebagai raja dan produsen adalah pelayan yang mana benar – benar harus bisa melayani apa yang menjadi kebutuhan dari konsuemnnya dengan memberikan banyak jenis tawaran yang cukup menarik perhatian baik dalam segi produk yang dihasilkan maupun dalam bentuk jasa layanan yang sudah disediakan. Manajemen pemasarannya sendiri memang sudah menyetujuan bagaimana konsep pemasaran yang baik sehingga menjadikan calon pembeli sebagai prioritasnya yang pertama.
2. Melakukan Perencanaan semua jenis aktivitas pemasaran yang dilakukan dengan cara menyeluruh Dalam sebuah kegiatan pemasaran, manajemen pemasaran biasanya akan menyetujui semua jenis atauran secara dinamis sebagai salah satu bentuk penyusunan untuk melakukan kegiatan dari pemasaran dengan lebih menyeluruh. Segala bentuk keperluan dalam hal pemasaran, melakukan strategi, penerapan, melakukan proses analisa, melakukan pengawasan dan beberapa hal lainnya yang memang sangat berhubungan dengan kegiatan pemasaran memang harus anda lakukan dengan langkah yang tersusun dan harus diatur dengan rapi serta jelas. Sehingga nantinya bisa mempermudah anda dalam proses untuk melaksanakannya dan melakukan pengawasan. Manajamen pemasaran juga akan menyetujui segala upaya yang dilakukan secara sistematis dan juga jelas sehingga pada saat dilakukan analisis dan penawasan dari hasil yang akan didapatkan. Untuk jenis evaluasinya sendiri manajemen pemasaran biasanya melihat dari semua susunan secara menyeluruh.
3. Kepuasan dari konsumen Kepuasan yang dirasakan oleh konsumen menjadi salah satu unsur yang paling penting dan harus anda perhatikan dalam menyusun semua jenis strategi pemasaran. Untuk manajemen strayegi yang bagus maka ada baiknya untuk menyetujui bagaimana hasil dari keputusan dari konsuemn sehingga bisa lebih maksimal sehingga dalam proses pemasarannya juga dapat berjalan dengan lancar. Kepuasan dari konsumen sendiri sebenarnya bukan hanya bisa anda ukura dari bagaimana kualitasnya produk yang bisa anda hasilkan tapi juga bagiaman cara dan juga strategi dalam proses pemasaran yang akan dijalankan.
Konsep Pemasaran Dalam jurnal pemasaran Untuk perusahaan yang sudah memulai akan mengenal bahawa pentingnya konsep manajemen pemasaran dalam proses untuk menuju kesuksesan, biasanya akan mengetahui bagaimana cara dan falsafah bisa terlibat didalamnya. Nah cara ini biasanya sangat erat hubungannya dengan “Konsep pemasaran” Konsep pemasaran ini sendiri biasanya terdiri konsep inti dalam pemasaran yang terdiri atas keinginan, kebutuhan, pemintaan, proses produksi, utilitas, jumlah nilai dan kepuasannya, pertukaran, interaksi dan hubungan antar pasar, pemasaran dan juga pasar.
Jika anda bisa membedakan anatra apa yang menjadi kebutuhan , keinginan dan juga permintaan maka akan mudah dalam melakukan manajemen pemasaran. Kebutuhana dalah sebuah keadaan dimana adanya rasa tidak puas karena alasan tertentu. Keinginan adalah sebuah kemauan yang sangat kuat untuk memuaskan dengan lebih spesifik terhadap kebutuhan yang memang sangat mendalam. Sedangkan untuk permintaan sendiri adalah keinginan akan produk yang jauh lebih spesifik yang mana ini sangat didukung dengan kemampuan dan juga kesediaan anda untuk membeli barang tersebut.
Dalam konsep pemasaran disebutkan jika kunci untuk bisa mencapai tujuan sebuah organisasi biasanya terdiri dari mereka yang menentukan kebutuhan dan keinginan pasar serta bisa memberikan rasa puas dengan apa yang diharapakan dengan lebih efektif dan juga lebih efesien jika dibandingkan dengan pesaingnya. Untuk mengungkapkan konsepnya sendiri ada banyak cara yang sebenarnya bisa anda lakukan.
Dalam jurnal pemasaran setidaknya ada enam bagaimana konsep pemasaran bisa menjadi salah satu cara untuk melaksanakan kegiatan pemasaran dalam satu oraganisasi atau perusahaan diantaranya adalah konsep produk, penjualan, pemasaran, pemasaran sosial dan juga pemasaran global
1. Melakukan Konsep Produksi Konsep produksi ini biasanya berhubungan dengan konsumen apakah menyukai produk yang sudah tersedia dengan harga yang murah. Biasanya dalam konsep ini lebih melingkup pada sistem produksi dengan mengerahkan segenap cara untuk bisa mencapai cara yang paling mudah untuk bisa mendapatkan produk lebih mudah dengan distributor yang lebih luas. Untuk peranan manajemen sendiri adalah untuk melakukan produksi barang dengan jumlah yang lebih banyak karena sebenarnya konsumen dianggap untuk menerima produk yang sudah tersedia secara lebih luas dengan daya tarik beli yang baik untuk mereka.
2. Melakukan konsep produk Salah satu konsep produk dijelaskan dalam jurnal pemasaran jika konsumen akan menyukai produk yang sudah anda tawarkan dengan mutu, kelengkapan dan ciri yang lebih baik. Disini tugas manajemen sendiri adalah untuk membuat produk yang sangat berkualias, sehingga konsumen akan menyukai produk yang memiliki kualitas yang tinggi terutama dengan tampilan yang sangat baik dan juga memiliki ciri produk yang juga snagat terbaik.
3. Melaksanakan Proses Penjualan Untuk proses dalam konsep penjulannya ini konsumen dibiarkan saja, dimana penjuallah yang harus melakukan upaya untuk menjualkan produk dan melakukan promosi dengan cara yang lebih agresif. Hal inilah yang terdapat dalam jurnal pemasaran
4. Melakukan proses pemasaran Untuk proses pemasarannya sendiri dikatakan bawah salah satu kunci untuk mencapai tujuan yang diharapkan maka perusahaan bisa menentukan apa yang menjadi kebutuhan dan juga keinginan dari pasara. Sasaran ini bertujuan untuk memberikan kepuasan yang mana sangat diharapkan agar bisa menjadi lebih efektif dan lebih efesien dilakukan daripada hanya memikirkan para pesainnya.
5. Melakukan Konsep Pemasaran Sosial Untuk ini biasanya dilakukan dengan melakukan tugas perusahan dimana perusahan harus menentukan kebutuhan, keinginan dan juga apa yang menjadi kepntingan dari sasaran utama sehingga bisa memberikan kepuasan apa yang akan diharapkan sehingga bisa melakukan segala cara yang jauh lebih cepat dan lebih mudah dibandingkan hanya mementingkan para pesaingnya, namun harus tetap juga menjaga dan meningkatkan keinginan dari konsumen.
6.Melakukan Konsep Pemasaran Global Dalam jurnal pemasaran untuk konsep dalam proses pemasaran global ini, manajer eksekutif memiliki peranan untuk bisa memahami apa saja faktor lingkungan yang sangat mempengaruhi proses pemsaran dengan melalui manajemen strategi yang tepat. Dimana dalam tujuan akhirnya adalah untuk bisa memenuhi keinginan dari semua pihak dalam terlibat dalam perusahaan.
Konsep Manajemen Pemasaran Dalam jurnal pemasaran sebenarnya sudah dijelaskan jika konsep dari pemasaran sendiri adalah untuk memudahkana nda dalam memberikan rasa puas pada keinginan dan juga kebutuhan dari konsumen terhadap barang yang anda produksi. Semua jenis kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan yang melakukan proses manajemen pemasaran haruslah mengarah untuk bisa memenuhi tujuan ini. Jika dijelaskan dengan lebih rinci bisa dikaakan jika konsep manajemen pemasarn ini sebagai panduan dalam berbisnis yang menyatakan jika adanya rasa puas dalam kebutuhan dan konsumen sehingga ini menjadi salah satu syarat ekonomi dan juga sosial bagia sebuah kelangsungan hidup dair pihak perusahaan.
Dalam konsem manajemen perusahaan setidaknya ada beberapa element yang sangat penting diantaranya adalah : Bagaimaan market orientasinya. Ini biasanya sangat erat hubungannya dengan keinginana dari konsumennya Proses menyusun kegiatan pesaran dan ini biasanya dilakukan dengan cara yang lebih terpadu Proses pencapaian target tingkat kepuasan dari konsumen Konsep dalam manajemen pemsaran ini biasanya berhubungan erat dengan upaya dan juga strategi yang ditempuh oleh manajemen dalam rangka untuk bisa mencapai tingaky kepuasan dari konsumen Istilah Dalam Konteks manajemen pemasaran
Ada beberapa istilah yang biasanya digunakand alam jurnal pemasaran menganai manajemen pemasaran diantaranya adalah :
Produk : ini biasanya berisi mengenai barang, jasa dan ide serta segala hasil dari kerja manusia yang bisa anda tawarkan pada manusia lainnya dan bisa sangat bermanfaat. Konsumen akan sangat bisa menyukai produk yang akana dna tawarkan jika memiliki mutu terbaik, memiliki kinerja yang baik dan memiliki sifat yang terbaik sehingga pihak dari perusahaan sendiri bisa fokus pada diri untuk memperbaiki produknya menjadi lebih baik, bisa menyukai produk yang jauh lebih mudah anda dapatkan dan bisa sangat terjangkau. Hal ini dijadi karena manajemen harus lebih fokus pada proses perbaikan yang lebih mudah dalam produksi dan distribusi.
Nilai : Ini biasanya sangat berhubungan dengan perkiraan dari konsumen mengenai satu produk untuk bisa mendapatkan kepuasan mereka, apa yang mereka rasakan atau mereka ingonkan, perbedaan antara nilai yang dinikmati dengan pelanggan karena memiliki dan menggunakan suatu produk dan biaya untuk memiliki produk tersebut masuk dalam istilah ini.
Kepuasan : ini biasanya sangat berhubungan dengan kepuasan konsumen atas semua produk yang dikonsumsi dimana harus adanya kesesuaian antara apa yang menjadi harapan dan menjadi kenyataan, rasa puas dimana ini biasanya berhubungan dengan harapan dari konsumen, tingkatan dimana apa yanga da dalam produk akan sangat sesuai atau tidak dengan konsumen yang akan menggunakannya. Serta pasar dimana ini adalah tempat semua konsumen atau pelanggan yang memiliki keinginan untuk melakukan transaksi terhadap barang atau produk tertentu.
Tugas dari Manajemen Pemasaran Jika dilihat dari fungsinya manajemen pemsaran ini adalah mereka yang mengetahui bagaimana proses manajemen ini bisa dijalankan sesuai sehingga bisa merubah sumber daya menjadi salah satu produk yang nantinya bisa memenuhi kebutuhan dan juga bisa menjamin rasa puas yang akan dirasakan oleh para konsumennya. Keinginan dari konsumen ini menjadi sangat beragam dan selalu akan berubah jika sema tidak bisa dipenuhi. Kebutuhan dari konsumen sendiri yang belum bisa dipenhi ini bisa menjadi salah satu peluang dan keuntungan untuk pembisnis yang bisa mengaambil celahnya untuk bisa memanfaatkannya
Tugas dari manajemen pemasaran sendiri bisa anda tinjau dari segi fungsinya untuk melakukan proses pemasaran dimana dalam prosesnya manajemen pemsaran menjalan beberapa hal untuk bisa merubah sumber daya menjadi produk yang nantinya bisa memnuhi keinginan konsumen sebagai salah satu tugasnya, beberapa diantaranya adalah :
Harus bisa mempelajari apa yang menjadi keinginan dan juga kebutuhan dari konsumen Harus bisa mengembangkan konsep dari produk dan barang yang mana ini ditujuakan untuk bisa memenuhi kebutuhan dan juga kepuasan dari pasar Untuk membuat desain produk dan mengembangkan merek dan tampilan produk Menetapkan harga yang sesuai sehingga bisa mendapatkan keuntungan yang layak untuk produknya
Mengatur proses distribusi dan memeriksa proses penjualannya Melakukan komunikasi yang lebih baik dalam proses pemasaran produk dengan memiliki hubungan baik dengan media
Semoga bermanfaat.
Secara umum, manajemen pemasaran adalah usaha untuk melakukan identifikasi dengan apa yang memang sangat dibutuhkan oleh calon konsumen dan cara mereka dalam memenuhi keinginannya. Untuk bisa melakukan proses identifikasi apa yang menjadi keinginan dari konsumen, maka produsen diharuskan melakukan proses riset lapangan. Beberapa diantaranya adalah melakukan survey mengenai apa yang menjadi keinginan konsumen, sehingga anda bisa mendapatkan informasi apa yang menjadi keinginan dan yang menjadi kebutuhan dari calon konsumen.
Sedangkan konsep pemasaran dalam jurnal pemasaran adalah syarat dalam ekonomi dan sosial untuk bisa melangsungkan kehidupan dari perusahaan yang dijalani. Segala informasi mengenai apa yang menjadi kebutuhan dari konsumen kemudian disampaikan ke pada bagian produksi untuk bisa diwujudkan. Setelah produk sudah terwujud, maka bagian manajemen pemasaran yang akan melakukan proses kegiatan dalam proses untuk menyampaikan produk pada konsumen.
Dalam jurnal pemasaran biasanya ada yang mencontohkan untuk bisnis sablon. Dimana jenis pembisnis akan melakukan survei jenis sablon apa yang paling diminati oleh para konsumen, lalu yang menjadi pertanyaan apakah mereka sudah bisa memenuhi minat tersebut, berapa harga yang bisa mereka bayar untuk produk ini dan bagaimana cara para pembisnis untuk menjawab semua jenis keinginan dan apa yang paling di inginkan ike konsumen termasuk juga dengan proses menjual produk yang memang sudah diinginkannya. Pengertian Manajemen Pemasaran
Dari Ahli Ada beberapa pengertian manajamen pemasaran menurut ahli dalam jurnal pemasaran diantaranya adalah : Menurut Kotler Kotlet menyebutkan jika manajemen pemasaran merupakan proses menganalisa, merencanakan, melaksanakan dan melakukan pengawasan terhadap semua program yang memiliki tujuan untuk menimbulkan proses tukar menukar dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk bisa mencapai tujuan dari perusahaannya.
Menurut Dharmmesta dan Handoko Manajemen pemasaran merupakan sebuah kegiatan pokok yang mana digerakkan oleh pihak perusahaan untuk bisa melangsungkan perusahaannya agar bisa bertahan, berkembang dan mendapatkan keuntungan. Proses ini biasanya dimulai sebelum barang mulai di produksi dan tidak berakhir saat penjualan. Tapi juga perusahaan harus memberikan rasa puas pada konsumennya jika ingin perusahaannya berjalan terus.
Menurut Kotler & Amstrong Manajemen pemasaran merupakan sebuah proses analisis, merencanakan, melakukan penerapan dan mengendalikan program yang dibuat untuk menciptakan, membangun dan juga untuk bisa mempertahankan keuntungan sehingga bisa tepat sasaran sehingga bisa mencapai apa yang menjadi tujuannya
Menurut American Marketing Association Dalam jurnal pemasaran dapat diterjemahkan manajemen pemasaran adalah salah satu langkah yang harus dilaksanakan untuk bisa menyalurkan barang dan jasa dari produsen kepada konsumen atau mereka yang akan menggunakan produk hasilnya nanti.
Unsur-Unsur Manajemen Pemasaran Dalam jurnal pemasaran setidaknya ada 3 unsur yang sangat penting dan selalu ada dalam manajemen pemasaran diantaranya adalah :
1. Melakukan orientasi pada kosumen dan calon pembeli Dan biasanya para produsen yang membuat produk akan selalu berusaha bisa memenhi kebutuhan dan juga kepuasan dari konsumen diaman tujuannya adalah untuk bisa mendapatkan sejumlah keuntungan. Konsumen sendiri ialah salah satu orientasi paling utama yang menjadi salah satu pertimbangannya baik dalam bentuk apapun dan dalam strategi apapun. Dengan begitu dalam proses penjulannya bisnis bisa mengedepankan pihak dari calon pembeli ini yang menjadi bagian dari strategi dalam penjualan serta masuk dalam konsep proses pemasaran yang menjadi perhatian utamanya. Hal ini karena konsumen bisa dikatakan sebagai raja dan produsen adalah pelayan yang mana benar – benar harus bisa melayani apa yang menjadi kebutuhan dari konsuemnnya dengan memberikan banyak jenis tawaran yang cukup menarik perhatian baik dalam segi produk yang dihasilkan maupun dalam bentuk jasa layanan yang sudah disediakan. Manajemen pemasarannya sendiri memang sudah menyetujuan bagaimana konsep pemasaran yang baik sehingga menjadikan calon pembeli sebagai prioritasnya yang pertama.
2. Melakukan Perencanaan semua jenis aktivitas pemasaran yang dilakukan dengan cara menyeluruh Dalam sebuah kegiatan pemasaran, manajemen pemasaran biasanya akan menyetujui semua jenis atauran secara dinamis sebagai salah satu bentuk penyusunan untuk melakukan kegiatan dari pemasaran dengan lebih menyeluruh. Segala bentuk keperluan dalam hal pemasaran, melakukan strategi, penerapan, melakukan proses analisa, melakukan pengawasan dan beberapa hal lainnya yang memang sangat berhubungan dengan kegiatan pemasaran memang harus anda lakukan dengan langkah yang tersusun dan harus diatur dengan rapi serta jelas. Sehingga nantinya bisa mempermudah anda dalam proses untuk melaksanakannya dan melakukan pengawasan. Manajamen pemasaran juga akan menyetujui segala upaya yang dilakukan secara sistematis dan juga jelas sehingga pada saat dilakukan analisis dan penawasan dari hasil yang akan didapatkan. Untuk jenis evaluasinya sendiri manajemen pemasaran biasanya melihat dari semua susunan secara menyeluruh.
3. Kepuasan dari konsumen Kepuasan yang dirasakan oleh konsumen menjadi salah satu unsur yang paling penting dan harus anda perhatikan dalam menyusun semua jenis strategi pemasaran. Untuk manajemen strayegi yang bagus maka ada baiknya untuk menyetujui bagaimana hasil dari keputusan dari konsuemn sehingga bisa lebih maksimal sehingga dalam proses pemasarannya juga dapat berjalan dengan lancar. Kepuasan dari konsumen sendiri sebenarnya bukan hanya bisa anda ukura dari bagaimana kualitasnya produk yang bisa anda hasilkan tapi juga bagiaman cara dan juga strategi dalam proses pemasaran yang akan dijalankan.
Konsep Pemasaran Dalam jurnal pemasaran Untuk perusahaan yang sudah memulai akan mengenal bahawa pentingnya konsep manajemen pemasaran dalam proses untuk menuju kesuksesan, biasanya akan mengetahui bagaimana cara dan falsafah bisa terlibat didalamnya. Nah cara ini biasanya sangat erat hubungannya dengan “Konsep pemasaran” Konsep pemasaran ini sendiri biasanya terdiri konsep inti dalam pemasaran yang terdiri atas keinginan, kebutuhan, pemintaan, proses produksi, utilitas, jumlah nilai dan kepuasannya, pertukaran, interaksi dan hubungan antar pasar, pemasaran dan juga pasar.
Jika anda bisa membedakan anatra apa yang menjadi kebutuhan , keinginan dan juga permintaan maka akan mudah dalam melakukan manajemen pemasaran. Kebutuhana dalah sebuah keadaan dimana adanya rasa tidak puas karena alasan tertentu. Keinginan adalah sebuah kemauan yang sangat kuat untuk memuaskan dengan lebih spesifik terhadap kebutuhan yang memang sangat mendalam. Sedangkan untuk permintaan sendiri adalah keinginan akan produk yang jauh lebih spesifik yang mana ini sangat didukung dengan kemampuan dan juga kesediaan anda untuk membeli barang tersebut.
Dalam konsep pemasaran disebutkan jika kunci untuk bisa mencapai tujuan sebuah organisasi biasanya terdiri dari mereka yang menentukan kebutuhan dan keinginan pasar serta bisa memberikan rasa puas dengan apa yang diharapakan dengan lebih efektif dan juga lebih efesien jika dibandingkan dengan pesaingnya. Untuk mengungkapkan konsepnya sendiri ada banyak cara yang sebenarnya bisa anda lakukan.
Dalam jurnal pemasaran setidaknya ada enam bagaimana konsep pemasaran bisa menjadi salah satu cara untuk melaksanakan kegiatan pemasaran dalam satu oraganisasi atau perusahaan diantaranya adalah konsep produk, penjualan, pemasaran, pemasaran sosial dan juga pemasaran global
1. Melakukan Konsep Produksi Konsep produksi ini biasanya berhubungan dengan konsumen apakah menyukai produk yang sudah tersedia dengan harga yang murah. Biasanya dalam konsep ini lebih melingkup pada sistem produksi dengan mengerahkan segenap cara untuk bisa mencapai cara yang paling mudah untuk bisa mendapatkan produk lebih mudah dengan distributor yang lebih luas. Untuk peranan manajemen sendiri adalah untuk melakukan produksi barang dengan jumlah yang lebih banyak karena sebenarnya konsumen dianggap untuk menerima produk yang sudah tersedia secara lebih luas dengan daya tarik beli yang baik untuk mereka.
2. Melakukan konsep produk Salah satu konsep produk dijelaskan dalam jurnal pemasaran jika konsumen akan menyukai produk yang sudah anda tawarkan dengan mutu, kelengkapan dan ciri yang lebih baik. Disini tugas manajemen sendiri adalah untuk membuat produk yang sangat berkualias, sehingga konsumen akan menyukai produk yang memiliki kualitas yang tinggi terutama dengan tampilan yang sangat baik dan juga memiliki ciri produk yang juga snagat terbaik.
3. Melaksanakan Proses Penjualan Untuk proses dalam konsep penjulannya ini konsumen dibiarkan saja, dimana penjuallah yang harus melakukan upaya untuk menjualkan produk dan melakukan promosi dengan cara yang lebih agresif. Hal inilah yang terdapat dalam jurnal pemasaran
4. Melakukan proses pemasaran Untuk proses pemasarannya sendiri dikatakan bawah salah satu kunci untuk mencapai tujuan yang diharapkan maka perusahaan bisa menentukan apa yang menjadi kebutuhan dan juga keinginan dari pasara. Sasaran ini bertujuan untuk memberikan kepuasan yang mana sangat diharapkan agar bisa menjadi lebih efektif dan lebih efesien dilakukan daripada hanya memikirkan para pesainnya.
5. Melakukan Konsep Pemasaran Sosial Untuk ini biasanya dilakukan dengan melakukan tugas perusahan dimana perusahan harus menentukan kebutuhan, keinginan dan juga apa yang menjadi kepntingan dari sasaran utama sehingga bisa memberikan kepuasan apa yang akan diharapkan sehingga bisa melakukan segala cara yang jauh lebih cepat dan lebih mudah dibandingkan hanya mementingkan para pesaingnya, namun harus tetap juga menjaga dan meningkatkan keinginan dari konsumen.
6.Melakukan Konsep Pemasaran Global Dalam jurnal pemasaran untuk konsep dalam proses pemasaran global ini, manajer eksekutif memiliki peranan untuk bisa memahami apa saja faktor lingkungan yang sangat mempengaruhi proses pemsaran dengan melalui manajemen strategi yang tepat. Dimana dalam tujuan akhirnya adalah untuk bisa memenuhi keinginan dari semua pihak dalam terlibat dalam perusahaan.
Konsep Manajemen Pemasaran Dalam jurnal pemasaran sebenarnya sudah dijelaskan jika konsep dari pemasaran sendiri adalah untuk memudahkana nda dalam memberikan rasa puas pada keinginan dan juga kebutuhan dari konsumen terhadap barang yang anda produksi. Semua jenis kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan yang melakukan proses manajemen pemasaran haruslah mengarah untuk bisa memenuhi tujuan ini. Jika dijelaskan dengan lebih rinci bisa dikaakan jika konsep manajemen pemasarn ini sebagai panduan dalam berbisnis yang menyatakan jika adanya rasa puas dalam kebutuhan dan konsumen sehingga ini menjadi salah satu syarat ekonomi dan juga sosial bagia sebuah kelangsungan hidup dair pihak perusahaan.
Dalam konsem manajemen perusahaan setidaknya ada beberapa element yang sangat penting diantaranya adalah : Bagaimaan market orientasinya. Ini biasanya sangat erat hubungannya dengan keinginana dari konsumennya Proses menyusun kegiatan pesaran dan ini biasanya dilakukan dengan cara yang lebih terpadu Proses pencapaian target tingkat kepuasan dari konsumen Konsep dalam manajemen pemsaran ini biasanya berhubungan erat dengan upaya dan juga strategi yang ditempuh oleh manajemen dalam rangka untuk bisa mencapai tingaky kepuasan dari konsumen Istilah Dalam Konteks manajemen pemasaran
Ada beberapa istilah yang biasanya digunakand alam jurnal pemasaran menganai manajemen pemasaran diantaranya adalah :
Produk : ini biasanya berisi mengenai barang, jasa dan ide serta segala hasil dari kerja manusia yang bisa anda tawarkan pada manusia lainnya dan bisa sangat bermanfaat. Konsumen akan sangat bisa menyukai produk yang akana dna tawarkan jika memiliki mutu terbaik, memiliki kinerja yang baik dan memiliki sifat yang terbaik sehingga pihak dari perusahaan sendiri bisa fokus pada diri untuk memperbaiki produknya menjadi lebih baik, bisa menyukai produk yang jauh lebih mudah anda dapatkan dan bisa sangat terjangkau. Hal ini dijadi karena manajemen harus lebih fokus pada proses perbaikan yang lebih mudah dalam produksi dan distribusi.
Nilai : Ini biasanya sangat berhubungan dengan perkiraan dari konsumen mengenai satu produk untuk bisa mendapatkan kepuasan mereka, apa yang mereka rasakan atau mereka ingonkan, perbedaan antara nilai yang dinikmati dengan pelanggan karena memiliki dan menggunakan suatu produk dan biaya untuk memiliki produk tersebut masuk dalam istilah ini.
Kepuasan : ini biasanya sangat berhubungan dengan kepuasan konsumen atas semua produk yang dikonsumsi dimana harus adanya kesesuaian antara apa yang menjadi harapan dan menjadi kenyataan, rasa puas dimana ini biasanya berhubungan dengan harapan dari konsumen, tingkatan dimana apa yanga da dalam produk akan sangat sesuai atau tidak dengan konsumen yang akan menggunakannya. Serta pasar dimana ini adalah tempat semua konsumen atau pelanggan yang memiliki keinginan untuk melakukan transaksi terhadap barang atau produk tertentu.
Tugas dari Manajemen Pemasaran Jika dilihat dari fungsinya manajemen pemsaran ini adalah mereka yang mengetahui bagaimana proses manajemen ini bisa dijalankan sesuai sehingga bisa merubah sumber daya menjadi salah satu produk yang nantinya bisa memenuhi kebutuhan dan juga bisa menjamin rasa puas yang akan dirasakan oleh para konsumennya. Keinginan dari konsumen ini menjadi sangat beragam dan selalu akan berubah jika sema tidak bisa dipenuhi. Kebutuhan dari konsumen sendiri yang belum bisa dipenhi ini bisa menjadi salah satu peluang dan keuntungan untuk pembisnis yang bisa mengaambil celahnya untuk bisa memanfaatkannya
Tugas dari manajemen pemasaran sendiri bisa anda tinjau dari segi fungsinya untuk melakukan proses pemasaran dimana dalam prosesnya manajemen pemsaran menjalan beberapa hal untuk bisa merubah sumber daya menjadi produk yang nantinya bisa memnuhi keinginan konsumen sebagai salah satu tugasnya, beberapa diantaranya adalah :
Harus bisa mempelajari apa yang menjadi keinginan dan juga kebutuhan dari konsumen Harus bisa mengembangkan konsep dari produk dan barang yang mana ini ditujuakan untuk bisa memenuhi kebutuhan dan juga kepuasan dari pasar Untuk membuat desain produk dan mengembangkan merek dan tampilan produk Menetapkan harga yang sesuai sehingga bisa mendapatkan keuntungan yang layak untuk produknya
Mengatur proses distribusi dan memeriksa proses penjualannya Melakukan komunikasi yang lebih baik dalam proses pemasaran produk dengan memiliki hubungan baik dengan media
Semoga bermanfaat.
Posting Komentar untuk "jurnal internasional manajemen pemasaran"