Jurnal Penelitian Manajemen Pemasaran
Jurnal Penelitian Manajemen Pemasaran
Jurnal pemasaran menjadi salah satu bahan yang dicari oleh beberapa orang saat akan membuat jurnal penelitian manajemen pemasaran. Dalam jurnal ini biasanya ada banyak informasi terkait dengan pemsaran dan manajemen juga. Tapi tak jarang diantara mereka menemukan jurnal yang tidak lengkap.
Alhasil ini akan menghambat semua kelengkapannya. Tapi untuk mengatisipasinya. Ada beberapa informasi yang bisa anda dapatkan setelah membaca artikel ini. Karena akan dijelas secara mendetail mengenai jurnal penelitian manajemen pemasaran. Mulai dari pengertian dari manajamen pemasaran hingga semu bentuk tujuan, tugas dan juga konsepnya. Manajemen pemsaran ini jika anda perhatikan lebih seksama sebenarnya teridir dari atas dua kata yaitu “manajemen” dan “pemasaran”. Dengan kata lain pengertian dari manajemen pemasaran ini berasal dari kedua kata ini.
Pengertian manajemen pemasaran Kata dari manajemen sering kali di artikan sebagai sebuah proses dalam sebuah rangkaian dari perencanaan, organisasi, gerakan dan pengawasan dalam melakukan sesuatu untuk bisa mencapai tujuan yang telah direncanakan sebelumnya. Sedangkan kata pemasaran adalah sebuah aktivitas atau kegiatan dalam sebuah perekonomian yang bisa membantu anda dalam menciptakan nilai ekonomi. Nilai ini sendiri bisa anda menentukan harga dari produk atau juga jasa.
Selain itu, salah satu faktor terpenting dalam menciptakan nilai ini adalah produksi, pemasaran dan juga konsumsi. Sehingga pemasaran bisa dikatakan sebagai penghubung antara kegiatan dalam produksi dan juga konsumsi. Secara sederhana manajamen pemasaran bisa diartikan sebagai salah satu proses perencanaan, penganalisaan, pelaksanaan dan penerapan serta melakukan pengawasan dalam mengendalikan sebuah aktivitas pemasaran dalam sebuah perusahaan sehingga apa yang menjadi tujuannya bisa tercapai dengan cara yang lebih efeksien dan jauh lebih efektif. Selain itu, fungsi dari manajemen pemasarana biasanya meliputi beberapa riste pembeli atau konsumen, proses mengembangkan produk, melakukan komunikasi dan promosi, strategi dalam melakukan distribusi, menetapkan harga dari produk dan memberikan pelayanan yang tepat pada konsumen.
Tentunya semua jenis aktivitas dan kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dari konsumen. Definisi Manajemen Pemasaran dari Para Ahli Ada beberapa para ahli yang melakukan definisi mengenai pengertian dari Manajemen Pemasaran. Mulai dari Buchari Alma yang menjelaskan jika manajemen pemasaran ialah sebuah proses merencanakan, mengarahkan dan melakukan pengawasan pada semua kegiatan pemasaran dari sebuah perusahaan ataupun sebagai bagian dari pemasaran.
Ada juga Philip kolter dan amstrong yang memberikan pendapatnya mengenai pengertian manajemen pemasaran yang merupakan proses untuk melakukan analisis, perencanaan, melaksanakan dan mengendalikan program yang sudah dirancang untuk menciptakan, membangun dan juga untuk mempertahankan pertukaran yang sangat menguntungkan dengan sasaran pembelinya adalah sebagai cara untuk bisa mencapai sasaran tertentu.
Hampir sama dengan kedua para ahli sebelumnya, Amerika Marketing Association Atau AMA sendiri juga menjelaskan jika manajemen pemasaran merupakan proses untuk merencanakan, melaksanakan dan juga mengendalikan proses operasi pemasaran total dan juga termasuk didalamnya adalah untuk mencapai tujuan pemasaran, kebijakan dalam pemasaran, program dalam pemsaran dan juga strategi dalam pemasaran yang mana semua ini ditujuan untuk menciptakan pertukuaran sehingga bisa memenuhi apa yang menjadi tujuan individu atau kelompok tertentu.
Sedangkan Lupiyo Adi mengatakan jika manajemen pemesaran merupakan sebuah proses untuk melakukan analisis, merencanakan, melaksanakan dan juga melakukan pengendalian dalam progran yang memang sudah direncanakan dimana ini erat hubungannya dengan proses pertukarang yang memang diinginkan konsumen yang mana tujuannya adalah untuk mendapatkan keuntungan sendiri atau bersama. Tugas Manajemen Pemasaran Setelah memahami apa saja yang menjadi pengertian dan definisi dari para ahli mengenai manajemen pemasaran.
Maka untuk tugas dari manajemen pemasaran sendiri dirangkum sebagai berikut : ·Untuk mempelajari kebutuhan ataupun keinginan dari konsumen ·Mengembangkan seluruh konsep produk atau barang untuk memenuhi kebutuhan atau kepuasan dari konsumen di pasar ·Melakukan proses pembuatan desain produk dan juga mengembangkan pembungkusan dan juga merk yang akan segera diluncurkan atau yang sudah diluncurkan ·Mengatur proses distribusi dan juga melakukan pemeriksaan dari penjualan ·Menciptakan komunikasi pemasaran yang jauh lebih efektif dan juga efesien
·Mengatur harga agar bisa mendapatkan keuntungan yang sebenarnya dan dirasa jauh lebih layak. Tugas Manajer Dalam Proses Manajemen Pemasaran Manajer dalam manajemen pemasaran memiliki banyak sekali jenis pekerjaan jika diilihat dari fungsinya sebagai manajemen yang menjalan bidang pemasaran ini, dan ini sudah sangat jelas dan sangat mengatahui bagaimana proses manajemen ini bisa dijalankan sehingga bisa merubah sumber daya menjadi suatu produk yang nantinya bisa memenuhi kebutuhan dan juga kepuasan dari konsumen. Keinginan dari konsumen menjadi sangat beragam dan tak jarang juga berubah serta tidak semua bisa dipenuhi oleh produsen.
Kebutuhan dari konsumen yang masih belum bisa anda penuhi ini bisa menjadi suatu keuntungan dan juga peluang yang bisa anda manfaatkan. Jika melihat tugas dari manajer pemasaran jika dilihat dari fungisnya yang sedang dilakukan dalam bidang pemsaran yaitu bagaimana proses manajemen ini dijalankan untuk bisa merubah sumber daya menjadi produk yang nantinya bisa memenuhi kebutuhan dari konsumen. Unsur Manajemen Pemasaran Setelah pengertian dan tugas, sebenarnya ada juga banyak unsur yang sangat penting dan terkandung dalam melaksanakan manajemen pemasaran
. Beberapa unsur penting dalam manajemen pemasaran ini diantaranya adalah : Proses orientasi yang dilakukan pada pembeli atau konsumen Secara umum, produsen menghasilkan produk untuk bisa memenuhi kebutuhan dan juga kepuasan dari konsumen, dimana tujuannya ini adalah untuk bisa mendapatkan sejumlah keuntungan. Konsumen sendiri beorentasi paling utama yang harus mempertimbangkan segala jenis bentuk strategi dalam bisnis.
Hal ini juga berlaku dalam proses penjulan, dengan demikian bisnis akan bisa mengedapankan pihak konsumen yang merupakan salah satu stratefi dari bagian dan juga konsep dalam pemasaran yang memang harus anda perhatikan. Untuk itu konsumen baru bisa dibilang sebagai raja. Dan produsen baru bisa dikatakan pelayan yang memiliki tugas untuk melayani kebutuhan konsumen dalam memberikan banyak jenis tawaran yang sangat menarik, baik dalam segi produk yang dihasilkan ataupun dalam pelayanan yang diberikan. Manajemen pemasaran memiliki konsep pemasaran yang terbaik dengan menjadikan konsumen sebagai bagian utamanya.
Melakukan rencana kegiatan pemasaran secara menyeluruh Manajemen pemasaran juga menyetujui adanya sebuah aturan yang sudah diatur dengan bentuk penyusunan kegiatan dari pemasaran yang lebih menyeluruh. Terutama adalah untuk keperluan mereka dibidang pemasaran, strategi, penerapan, analisis dan juga mengawasan yang mana hubungan sangat berkaitan dengan kegiatan pemasaran yang diatur dan disusun dengan rinci serta detail serta jelas.
Sehingga bisa mempermudah dalam proses pelaksanaan dan pengawasan. Manajemen pemasaran juga menyetujui sebuah upaya dalam proses sistematis yang jauh lebih jelas sehingga bisa dilakukan analisis dan juga pengawasan sehingga hasil yang anda dapatkan juga akan sesuai dengan hasilnya. Evaluasi dari kegiatan manajemen pemasaran ini didasarkan dengan kegiatan menyusun dengan detail segala kegiatannya. Kepuasan dari konsumen
Kepuasan dari konsumen adalah salah satu unsur yang paling penting yang memang harus anda perhatikan dalam menyusun strategi pemasaran. Manajemen pemasaran yang bagus ini yakni bisa menyetujui adanya sebuah hasil dalam pengambilan keputusan dari konsumen yang lebih maksimal sebagai salah satu akibat dari proses pemasaran yang bisa berjalan dengan baik. Kepuasan dari konsumen juga tidak bisa anda ukur dari apa yang terlihat tapi juga kualitas dari produk yang sudah dihasilkan, tapi juga melihat bagaimana cara dan strategi dalam menjalankannya.
Konsep Manajemen Pemasaran Dalam falsafah konsep dari pemasaran adalah bertujuan dengan memberikan kepuasan pada keinginan dan juga kebutuhan dari pembeli atau konsumen. Semua jenis kegiatan dalam perusahaan biasanya menganut konsep pemsaran yang memang harus diarahkan untuk bisa memenuhi tujuan ini. Jika dilihat secara definisi sebenarnya konsep pemasaran aalah sebuah kentuan dalam bisnis yang bisa memberikan kepuasan kebutuhan kepada konsumen dan ini merupakan salah satu syarat ekonomi sosial bagi kelangsungan hidup dari perusahaan.
Setidaknya ada beberapa elemen yang tak kalah penting dalam konsep manajemen pemasaran sehingga apa yang menjadi tujuannya bisa tercapai beberapa diantaranya adalah : ·Market orientasi dimana ini biasanya berhubungan dengan apa yang menjadi keinginan dari konsumen ·Proses menyusun kegiatan untuk pemasaran dilakukan secara terpadu ·Untuk pencapaian yang dilakukan berdasarkan dari tingkat kepuasan yang ada pada konsumen Sedangkan konsep manajemen ini pada dasarnya mencakup beberapa upaya dan strategi yang menempuh proses manajemen dalam rangka untuk mendapatkan tingkat kepuasan dari konsumen. Selain itu, faktor yang bisa mempengaruhi proses pemsaran ini bisa juga mempengaruhi proses pemasaran dari sebuah perusahaan.
Jika dilihat dari lingkungan ada juga proses mikro dari perusahaan. Ini terdiri atas para pelaku dalam lingkungan yang langsung bisa berkaitan dengan perusahaan yang mempengaruhi kemampuan dalam melayani pasar. Diantaranya adalah : Perusahaan Ini berhubungan dengan struktur organisasi dari perusahaan. Strategi dalam pemasaran ini diimplementasikan pada bagian manajemen pemasaran dengan melakukan beberapa pertimbangan dengan kelompok lainnya dalam satu perusahaan saat merumuskan rencana pemsarannya. Misalnya menajemen puncak, keuangan, penelitian, pengembangan serta sumber daya manusianya yang dimiliki oleh perusahaan.
Karena manajer pemasaran ini juga harus bekerja sama dengan staff dari bidang lain. ·Supplier Pemasok atau supplier bisa jadi perusahaan atau individu yang menyediakan sumber daya yang memang dibutuhkan oleh perusahaan dan para pesaing untuk bisa memproduksi barang dan jasa jenis tertentu. Terkadang perusahaan harus mendapatkan tenaga kerha dan perlengkapan lainnya dari pemasok ini. Dalam perkembanganya dibidang lingkungan, pemasok setidaknya memiliki peran dalam memberikan peran yang sangat berarti terhadap pemasaran dalam sebuah perusahaan.
Manajer pemasaran juga perlu melakukan pengamatan kecendrungan dari harga dan masukan penting yang baik untuk kegiatan produksi. Karena segala jenis gangguan dalam produksi bisa menganggu strategi yang sudah dijalankan oleh perusahaan. ·Perantara dalam Pemasaran Untuk perantara dalam pemasaran ini adalah perusahaan yang membantu perusahaan dalam melakukan promosi, penjualan dan melakukan distribusi barang dan jasa pada konsumen.
Untuk perantara ini biasanya meliputi beberapa bagian.
1.Perantara : adalah perusahaan atau bisa juga individu yang membantu dalam proses menemukan konsumen. Untuk bagian ini sendiri dibagi atas dua bagian yaitu agen dalam perantara seperti agen, pialang dan juga perwakilan produsen yang bisa mencari dan menemukan para pelanggan dan atau yang mengadakan sebuah perjanjian dengan pihak lainnya tapi mereka tidak memiliki barang dan jasanya sendiri
2.Distribusi fisik : Adalah perusahaan yang memabantu perusahaan dalam hal menyimpan dan memindahkan produk dari satu tempat asalnya ketempat lain yang mereka tuju.
3.Keuangan : ini adalah perusahaan bank, kredit, asuransi dan perusahaan lainnya yang bisa membantu dalam segi keuangan
·Pelanggan Ini adalah pasar dan sasaran dari perusahaan yang menjadi konsumen dari barang dan jasa yang ditawarkan dari perusahaan apakah dari individu, lembaga, organisasi dan bisa dalam bentu lainnnya ·Pesaing Dalam usaha untuk melayani kelompak dari pasar pelanggan, perusahaan sebenarnya tidak sendiri. Dalam sebuah usaha perusahaan untuk membangun sebuah sisem pemasaran yang efesien dalam melayani pasar maka akan ada pesaing yang berasal dari perusahaan lain. Sistem pemasaran dan strategi ini bisa anda terapkan pada perusahaan yang dikelilingi dan dipengaruhi oleh sekelompok pesaing.
Dan untuk para pesaing ini perlu anda identidikasi dan awasi dalam semua gerakannya dan tindakannya dalam pasar manajemen pemasaran. ·Masyarakat Umum Sebuah perusahaan juga harus memperhatikan beberapa lapisan dari masyarakat tertentu dan menaruh pehatian pada mereka. Dan memperhatikan banyak kegiatan perusahaan apakah masyarakat menerima atau tidak.
Karena jenis kegiatan perusahaan pasti bisa mempengaruhi minat dari kelompok lainnya yang menjadi masyarakat umum. Dengan kata lain masyakarat juga menjadi faktor yang bisa melancarkan atau menghambat kemampuan perusahaan untuk mencapai sasarannya. Selain kelompok lingkungan mikro ada juga lingkungan makro yang mana ini terdiri dari beberapa kekuatan yang sifaynya lebih besar dalam mempengaruhi hampir semua pelaku dari lingkungan mikro diantaranya adalah :
·Kependudukan Lingkungan ini menunjukkan keadaan dan permasalahan dari penduduk seperti proses distribusi penduduk dan tingkat kepadatannya. Hal ini sangat mempengaruhi strategi pemasaran satu perusahaan dalam memasarkan produknya
·Ekonomi Untuk lingkungan ini menunjukkan sistem ekonomi yang bisa anda terapkan dan kebijakan pemerintah yang berkenaan dengan ekonomi, penurunan dalam jumlah pertumbuhan yang mana ini akan sangat mempengaruhi pola belanja dari konsumen ·Fisik Ini berhubungan dengan kelangkaan dari bahan mentah produk yang dibutuhkan oleh pihak perusahaan. Dan faktor lingkungan ini juga berhubungan dengan campur tangan dari pemerintah dalam proses pengolahan dan penggunaan sumber daya alamnya.
·Teknologi Untuk teknologi ini menidentifikasi peningkatan kecepatan dari pertumbuhan teknologi dan kesempatan dalam proses pembaharuan yang tidak ada batasnya.Dengan kata lain semakin banyak peraturan maka akan semakin banyak perubahan teknologi. ·Sosial Budaya Faktor ini menjadi sangat penting untuk menunjukkan sebuah kelompok dalam masyarakat dalam mengatur kehidupan, norma dan nilai yang berlaku. Pandangan masyarakat dan sebagiannya merumuskan hubungan antar sesama dengan masyarakat lainnya.
Secara umum dalam jurnal pemasaran dan jurnal penelitian manajemen pemasaran konsep diatas menjadi sangat wajib dimiliki. Ini bisa menjadi bahan tambahan pengertian yang digunakan. Dimana tujuannya adalah untuk melengkapi proses penelitian yang dilakukan dan ini menjadi bagian yang rasa sangat wajib. Untuk semoga penjelasan ini bisa membantu dalam proses penelitian jurnal penelitian manajemen pemasaran yang sedang dalam proses pembuatan.
Semoga bermanfaat.
Alhasil ini akan menghambat semua kelengkapannya. Tapi untuk mengatisipasinya. Ada beberapa informasi yang bisa anda dapatkan setelah membaca artikel ini. Karena akan dijelas secara mendetail mengenai jurnal penelitian manajemen pemasaran. Mulai dari pengertian dari manajamen pemasaran hingga semu bentuk tujuan, tugas dan juga konsepnya. Manajemen pemsaran ini jika anda perhatikan lebih seksama sebenarnya teridir dari atas dua kata yaitu “manajemen” dan “pemasaran”. Dengan kata lain pengertian dari manajemen pemasaran ini berasal dari kedua kata ini.
Pengertian manajemen pemasaran Kata dari manajemen sering kali di artikan sebagai sebuah proses dalam sebuah rangkaian dari perencanaan, organisasi, gerakan dan pengawasan dalam melakukan sesuatu untuk bisa mencapai tujuan yang telah direncanakan sebelumnya. Sedangkan kata pemasaran adalah sebuah aktivitas atau kegiatan dalam sebuah perekonomian yang bisa membantu anda dalam menciptakan nilai ekonomi. Nilai ini sendiri bisa anda menentukan harga dari produk atau juga jasa.
Selain itu, salah satu faktor terpenting dalam menciptakan nilai ini adalah produksi, pemasaran dan juga konsumsi. Sehingga pemasaran bisa dikatakan sebagai penghubung antara kegiatan dalam produksi dan juga konsumsi. Secara sederhana manajamen pemasaran bisa diartikan sebagai salah satu proses perencanaan, penganalisaan, pelaksanaan dan penerapan serta melakukan pengawasan dalam mengendalikan sebuah aktivitas pemasaran dalam sebuah perusahaan sehingga apa yang menjadi tujuannya bisa tercapai dengan cara yang lebih efeksien dan jauh lebih efektif. Selain itu, fungsi dari manajemen pemasarana biasanya meliputi beberapa riste pembeli atau konsumen, proses mengembangkan produk, melakukan komunikasi dan promosi, strategi dalam melakukan distribusi, menetapkan harga dari produk dan memberikan pelayanan yang tepat pada konsumen.
Tentunya semua jenis aktivitas dan kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dari konsumen. Definisi Manajemen Pemasaran dari Para Ahli Ada beberapa para ahli yang melakukan definisi mengenai pengertian dari Manajemen Pemasaran. Mulai dari Buchari Alma yang menjelaskan jika manajemen pemasaran ialah sebuah proses merencanakan, mengarahkan dan melakukan pengawasan pada semua kegiatan pemasaran dari sebuah perusahaan ataupun sebagai bagian dari pemasaran.
Ada juga Philip kolter dan amstrong yang memberikan pendapatnya mengenai pengertian manajemen pemasaran yang merupakan proses untuk melakukan analisis, perencanaan, melaksanakan dan mengendalikan program yang sudah dirancang untuk menciptakan, membangun dan juga untuk mempertahankan pertukaran yang sangat menguntungkan dengan sasaran pembelinya adalah sebagai cara untuk bisa mencapai sasaran tertentu.
Hampir sama dengan kedua para ahli sebelumnya, Amerika Marketing Association Atau AMA sendiri juga menjelaskan jika manajemen pemasaran merupakan proses untuk merencanakan, melaksanakan dan juga mengendalikan proses operasi pemasaran total dan juga termasuk didalamnya adalah untuk mencapai tujuan pemasaran, kebijakan dalam pemasaran, program dalam pemsaran dan juga strategi dalam pemasaran yang mana semua ini ditujuan untuk menciptakan pertukuaran sehingga bisa memenuhi apa yang menjadi tujuan individu atau kelompok tertentu.
Sedangkan Lupiyo Adi mengatakan jika manajemen pemesaran merupakan sebuah proses untuk melakukan analisis, merencanakan, melaksanakan dan juga melakukan pengendalian dalam progran yang memang sudah direncanakan dimana ini erat hubungannya dengan proses pertukarang yang memang diinginkan konsumen yang mana tujuannya adalah untuk mendapatkan keuntungan sendiri atau bersama. Tugas Manajemen Pemasaran Setelah memahami apa saja yang menjadi pengertian dan definisi dari para ahli mengenai manajemen pemasaran.
Maka untuk tugas dari manajemen pemasaran sendiri dirangkum sebagai berikut : ·Untuk mempelajari kebutuhan ataupun keinginan dari konsumen ·Mengembangkan seluruh konsep produk atau barang untuk memenuhi kebutuhan atau kepuasan dari konsumen di pasar ·Melakukan proses pembuatan desain produk dan juga mengembangkan pembungkusan dan juga merk yang akan segera diluncurkan atau yang sudah diluncurkan ·Mengatur proses distribusi dan juga melakukan pemeriksaan dari penjualan ·Menciptakan komunikasi pemasaran yang jauh lebih efektif dan juga efesien
·Mengatur harga agar bisa mendapatkan keuntungan yang sebenarnya dan dirasa jauh lebih layak. Tugas Manajer Dalam Proses Manajemen Pemasaran Manajer dalam manajemen pemasaran memiliki banyak sekali jenis pekerjaan jika diilihat dari fungsinya sebagai manajemen yang menjalan bidang pemasaran ini, dan ini sudah sangat jelas dan sangat mengatahui bagaimana proses manajemen ini bisa dijalankan sehingga bisa merubah sumber daya menjadi suatu produk yang nantinya bisa memenuhi kebutuhan dan juga kepuasan dari konsumen. Keinginan dari konsumen menjadi sangat beragam dan tak jarang juga berubah serta tidak semua bisa dipenuhi oleh produsen.
Kebutuhan dari konsumen yang masih belum bisa anda penuhi ini bisa menjadi suatu keuntungan dan juga peluang yang bisa anda manfaatkan. Jika melihat tugas dari manajer pemasaran jika dilihat dari fungisnya yang sedang dilakukan dalam bidang pemsaran yaitu bagaimana proses manajemen ini dijalankan untuk bisa merubah sumber daya menjadi produk yang nantinya bisa memenuhi kebutuhan dari konsumen. Unsur Manajemen Pemasaran Setelah pengertian dan tugas, sebenarnya ada juga banyak unsur yang sangat penting dan terkandung dalam melaksanakan manajemen pemasaran
. Beberapa unsur penting dalam manajemen pemasaran ini diantaranya adalah : Proses orientasi yang dilakukan pada pembeli atau konsumen Secara umum, produsen menghasilkan produk untuk bisa memenuhi kebutuhan dan juga kepuasan dari konsumen, dimana tujuannya ini adalah untuk bisa mendapatkan sejumlah keuntungan. Konsumen sendiri beorentasi paling utama yang harus mempertimbangkan segala jenis bentuk strategi dalam bisnis.
Hal ini juga berlaku dalam proses penjulan, dengan demikian bisnis akan bisa mengedapankan pihak konsumen yang merupakan salah satu stratefi dari bagian dan juga konsep dalam pemasaran yang memang harus anda perhatikan. Untuk itu konsumen baru bisa dibilang sebagai raja. Dan produsen baru bisa dikatakan pelayan yang memiliki tugas untuk melayani kebutuhan konsumen dalam memberikan banyak jenis tawaran yang sangat menarik, baik dalam segi produk yang dihasilkan ataupun dalam pelayanan yang diberikan. Manajemen pemasaran memiliki konsep pemasaran yang terbaik dengan menjadikan konsumen sebagai bagian utamanya.
Melakukan rencana kegiatan pemasaran secara menyeluruh Manajemen pemasaran juga menyetujui adanya sebuah aturan yang sudah diatur dengan bentuk penyusunan kegiatan dari pemasaran yang lebih menyeluruh. Terutama adalah untuk keperluan mereka dibidang pemasaran, strategi, penerapan, analisis dan juga mengawasan yang mana hubungan sangat berkaitan dengan kegiatan pemasaran yang diatur dan disusun dengan rinci serta detail serta jelas.
Sehingga bisa mempermudah dalam proses pelaksanaan dan pengawasan. Manajemen pemasaran juga menyetujui sebuah upaya dalam proses sistematis yang jauh lebih jelas sehingga bisa dilakukan analisis dan juga pengawasan sehingga hasil yang anda dapatkan juga akan sesuai dengan hasilnya. Evaluasi dari kegiatan manajemen pemasaran ini didasarkan dengan kegiatan menyusun dengan detail segala kegiatannya. Kepuasan dari konsumen
Kepuasan dari konsumen adalah salah satu unsur yang paling penting yang memang harus anda perhatikan dalam menyusun strategi pemasaran. Manajemen pemasaran yang bagus ini yakni bisa menyetujui adanya sebuah hasil dalam pengambilan keputusan dari konsumen yang lebih maksimal sebagai salah satu akibat dari proses pemasaran yang bisa berjalan dengan baik. Kepuasan dari konsumen juga tidak bisa anda ukur dari apa yang terlihat tapi juga kualitas dari produk yang sudah dihasilkan, tapi juga melihat bagaimana cara dan strategi dalam menjalankannya.
Konsep Manajemen Pemasaran Dalam falsafah konsep dari pemasaran adalah bertujuan dengan memberikan kepuasan pada keinginan dan juga kebutuhan dari pembeli atau konsumen. Semua jenis kegiatan dalam perusahaan biasanya menganut konsep pemsaran yang memang harus diarahkan untuk bisa memenuhi tujuan ini. Jika dilihat secara definisi sebenarnya konsep pemasaran aalah sebuah kentuan dalam bisnis yang bisa memberikan kepuasan kebutuhan kepada konsumen dan ini merupakan salah satu syarat ekonomi sosial bagi kelangsungan hidup dari perusahaan.
Setidaknya ada beberapa elemen yang tak kalah penting dalam konsep manajemen pemasaran sehingga apa yang menjadi tujuannya bisa tercapai beberapa diantaranya adalah : ·Market orientasi dimana ini biasanya berhubungan dengan apa yang menjadi keinginan dari konsumen ·Proses menyusun kegiatan untuk pemasaran dilakukan secara terpadu ·Untuk pencapaian yang dilakukan berdasarkan dari tingkat kepuasan yang ada pada konsumen Sedangkan konsep manajemen ini pada dasarnya mencakup beberapa upaya dan strategi yang menempuh proses manajemen dalam rangka untuk mendapatkan tingkat kepuasan dari konsumen. Selain itu, faktor yang bisa mempengaruhi proses pemsaran ini bisa juga mempengaruhi proses pemasaran dari sebuah perusahaan.
Jika dilihat dari lingkungan ada juga proses mikro dari perusahaan. Ini terdiri atas para pelaku dalam lingkungan yang langsung bisa berkaitan dengan perusahaan yang mempengaruhi kemampuan dalam melayani pasar. Diantaranya adalah : Perusahaan Ini berhubungan dengan struktur organisasi dari perusahaan. Strategi dalam pemasaran ini diimplementasikan pada bagian manajemen pemasaran dengan melakukan beberapa pertimbangan dengan kelompok lainnya dalam satu perusahaan saat merumuskan rencana pemsarannya. Misalnya menajemen puncak, keuangan, penelitian, pengembangan serta sumber daya manusianya yang dimiliki oleh perusahaan.
Karena manajer pemasaran ini juga harus bekerja sama dengan staff dari bidang lain. ·Supplier Pemasok atau supplier bisa jadi perusahaan atau individu yang menyediakan sumber daya yang memang dibutuhkan oleh perusahaan dan para pesaing untuk bisa memproduksi barang dan jasa jenis tertentu. Terkadang perusahaan harus mendapatkan tenaga kerha dan perlengkapan lainnya dari pemasok ini. Dalam perkembanganya dibidang lingkungan, pemasok setidaknya memiliki peran dalam memberikan peran yang sangat berarti terhadap pemasaran dalam sebuah perusahaan.
Manajer pemasaran juga perlu melakukan pengamatan kecendrungan dari harga dan masukan penting yang baik untuk kegiatan produksi. Karena segala jenis gangguan dalam produksi bisa menganggu strategi yang sudah dijalankan oleh perusahaan. ·Perantara dalam Pemasaran Untuk perantara dalam pemasaran ini adalah perusahaan yang membantu perusahaan dalam melakukan promosi, penjualan dan melakukan distribusi barang dan jasa pada konsumen.
Untuk perantara ini biasanya meliputi beberapa bagian.
1.Perantara : adalah perusahaan atau bisa juga individu yang membantu dalam proses menemukan konsumen. Untuk bagian ini sendiri dibagi atas dua bagian yaitu agen dalam perantara seperti agen, pialang dan juga perwakilan produsen yang bisa mencari dan menemukan para pelanggan dan atau yang mengadakan sebuah perjanjian dengan pihak lainnya tapi mereka tidak memiliki barang dan jasanya sendiri
2.Distribusi fisik : Adalah perusahaan yang memabantu perusahaan dalam hal menyimpan dan memindahkan produk dari satu tempat asalnya ketempat lain yang mereka tuju.
3.Keuangan : ini adalah perusahaan bank, kredit, asuransi dan perusahaan lainnya yang bisa membantu dalam segi keuangan
·Pelanggan Ini adalah pasar dan sasaran dari perusahaan yang menjadi konsumen dari barang dan jasa yang ditawarkan dari perusahaan apakah dari individu, lembaga, organisasi dan bisa dalam bentu lainnnya ·Pesaing Dalam usaha untuk melayani kelompak dari pasar pelanggan, perusahaan sebenarnya tidak sendiri. Dalam sebuah usaha perusahaan untuk membangun sebuah sisem pemasaran yang efesien dalam melayani pasar maka akan ada pesaing yang berasal dari perusahaan lain. Sistem pemasaran dan strategi ini bisa anda terapkan pada perusahaan yang dikelilingi dan dipengaruhi oleh sekelompok pesaing.
Dan untuk para pesaing ini perlu anda identidikasi dan awasi dalam semua gerakannya dan tindakannya dalam pasar manajemen pemasaran. ·Masyarakat Umum Sebuah perusahaan juga harus memperhatikan beberapa lapisan dari masyarakat tertentu dan menaruh pehatian pada mereka. Dan memperhatikan banyak kegiatan perusahaan apakah masyarakat menerima atau tidak.
Karena jenis kegiatan perusahaan pasti bisa mempengaruhi minat dari kelompok lainnya yang menjadi masyarakat umum. Dengan kata lain masyakarat juga menjadi faktor yang bisa melancarkan atau menghambat kemampuan perusahaan untuk mencapai sasarannya. Selain kelompok lingkungan mikro ada juga lingkungan makro yang mana ini terdiri dari beberapa kekuatan yang sifaynya lebih besar dalam mempengaruhi hampir semua pelaku dari lingkungan mikro diantaranya adalah :
·Kependudukan Lingkungan ini menunjukkan keadaan dan permasalahan dari penduduk seperti proses distribusi penduduk dan tingkat kepadatannya. Hal ini sangat mempengaruhi strategi pemasaran satu perusahaan dalam memasarkan produknya
·Ekonomi Untuk lingkungan ini menunjukkan sistem ekonomi yang bisa anda terapkan dan kebijakan pemerintah yang berkenaan dengan ekonomi, penurunan dalam jumlah pertumbuhan yang mana ini akan sangat mempengaruhi pola belanja dari konsumen ·Fisik Ini berhubungan dengan kelangkaan dari bahan mentah produk yang dibutuhkan oleh pihak perusahaan. Dan faktor lingkungan ini juga berhubungan dengan campur tangan dari pemerintah dalam proses pengolahan dan penggunaan sumber daya alamnya.
·Teknologi Untuk teknologi ini menidentifikasi peningkatan kecepatan dari pertumbuhan teknologi dan kesempatan dalam proses pembaharuan yang tidak ada batasnya.Dengan kata lain semakin banyak peraturan maka akan semakin banyak perubahan teknologi. ·Sosial Budaya Faktor ini menjadi sangat penting untuk menunjukkan sebuah kelompok dalam masyarakat dalam mengatur kehidupan, norma dan nilai yang berlaku. Pandangan masyarakat dan sebagiannya merumuskan hubungan antar sesama dengan masyarakat lainnya.
Secara umum dalam jurnal pemasaran dan jurnal penelitian manajemen pemasaran konsep diatas menjadi sangat wajib dimiliki. Ini bisa menjadi bahan tambahan pengertian yang digunakan. Dimana tujuannya adalah untuk melengkapi proses penelitian yang dilakukan dan ini menjadi bagian yang rasa sangat wajib. Untuk semoga penjelasan ini bisa membantu dalam proses penelitian jurnal penelitian manajemen pemasaran yang sedang dalam proses pembuatan.
Semoga bermanfaat.
Posting Komentar untuk "Jurnal Penelitian Manajemen Pemasaran"