jurnal pemasaran internasional
Tips dan Trik Menulis Jurnal Pemasaran Internasional
Jurnal internasional merupakan sebuah terbitan berkala yang berisi kajian dan hasil penelitian tentang suatu kasus. Baik jurnal lokal maupun jurnal internasional sering dijadikan referensi oleh banyak akademisi dan mahasiswa yang sedang membuat sebuah penelitian terkait dengan kasus yang dimuat di dalam jurnal tersebut.
Tak heran jika jurnal-jurnal internasional kerap dicari bahkan saat baru diterbitkan. Jurnal-jurnal yang diterbitkan memuat topik dari berbagai bidang; salah satunya yaitu bidang ekonomi, tepatnya pemasaran. Dengan kata lain, jurnal pemasaran adalah sebuah terbitan bersifat ilmiah yang berisi tentang kajian dan hasil penelitian tentang topik atau kasus yang ada kaitanya dengan pemasaran.
Dalam menulis sebuah jurnal internasional, termasuk jurnal internasional tentang pemasaran, kita harus memperhatikan sumber atau referensi yang sebaiknya umum digunakan sebagai referensi karya-karya ilmiah. Kita juga wajib dapat membedakan antara jurnal dan artikel berstandard internasional karena bagi mereka yang awam dengan aktivitas penulisan karya-karya ilmiah yang berstandard internasional, tentunya sulit membedakan antara artikel dan jurnal internasional. Padahal keduanya berbeda. Salah satu perbedaan yang paling mencolok yaitu jumlah halaman dari masing-masing jenis karya tulis tersebut.
Artikel internasional tentu ditulis dengan jumlah halaman yang jauh lebih sedikit karena isi artikel dibuat ringkas dan singkat. Sementara itu, jurnal internasional memiliki jumlah halaman yang lebih banyak karena hal yang dibahas dibuat terperinci dan jelas.
Kemudian perbedaan lainnya yaitu dalam menulis sebuah jurnal internasional, jurnal pemasaran misalnya, penulis wajib mencantumkan judul jurnal yang singkat namun padat, serta tertarget (sesuai dengan apa yang hendak dibahas di dalam isi jurnal). Nama penulis plus alamat email serta asal institusi/ lembaga si penulis juga wajib dicantumkan. Berbeda dengan artikel internasional yang mana penulis bebas mencantumkan/ tidak mencantumkan nama dirinya serta institusi yang menaunginya.
Dan perbedaan yang paling menonjol antara jurnal dan artikel internasional yaitu abstrak yang hanya ada pada jurnal. Abstrak adalah ringkasan dari isi jurnal. Dengan hanya membaca abstrak sebuah jurnal internasional, kita dapat mengetahui inti dari jurnal internasional tersebut.
Di samping itu, jurnal internasional juga memuat bagian introduction/ pendahuluan, metodologi yang digunakan sebelumnya dan metodologi yang akan diusulkan, implementasi, konklusi/ kesimpulan, dan referensi. Intinya, sebuah jurnal internasional memuat konten yang lebih kompleks dan detail, sedang artikel internasional, dilihat dari isinya, artikel internasional tidak begitu detail. Trik Penulisan Jurnal Pemasaran Internasional Dalam menulis sebuah jurnal internasional, ada beberapa trik yang dapat Anda coba aplikasikan ketika akan menulis dan mempublikasikan sebuah jurnal internasional.
Berikut trik-triknya: Niat Niat menjadi modal utama dan pertama jika Anda ingin menulis sebuah jurnal internasional. Tanpa niat, segala hal yang telah direncanakan hanyalah rencana. Oleh karenanya, penting sekali bagi Anda yang berminat meneliti sebuah kasus lalu mempublikasikannya sebagai sebuah jurnal internasional, pastikan niatkan terlebih dahulu. Dengan niat yang besar, tentu satu per satu rencana yang telah dibuat akan mulai dikerjakan.
Mulai pelajari langkah-langkah menulis sebuah jurnal Pilih topik jurnal yang kita kuasai, misalnya kita memiliki pengetahuan yang cukup banyak tentang pemasaran, topik yang sebaiknya kita angkat adalah topik yang ada kaitanya dengan bidang pemasaran. Sebelum mempublikasikan jurnal Anda, pilihlah situs online yang menyediakan tempat khusus untuk publikasi jurnal tereakreditasi. Jika Anda merasa jurnal Anda memiliki kompetensi dan kualitas yang baik, masukan jurnal Anda ke situs dengan isi jurnal-jurnal yang terakreditasi dan rangkin tinggi.
Namun, bagi Anda para pemula, sebaiknya pilihlah situs dengan isi jurnal-jurnal dengan rangking yang masih rendah. Seiring meningkatnya kemampuan dan pengalaman menulis, jurnal Anda yang telah Anda tulis akan meningkat rangkingnya. Pililhlah kasus/ topik penelitian yang memberikan kontribusi bagi masyarakat dan para penikmat ilmu pengetahuan. Di samping itu, jurnal internasional yang telah diterbitkan di kancah internasional dapat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas performa para pembacanya yang ada di seluruh penjuru dunia. penggunaan literatur/ sumber sebaiknya berasal dari literatur terbaru dan sesuai dengan bahan kasus yang hendak dianalisa. Pilihlah metodologi, data, dan analisis yang tepat buatlah kesimpulan yang komprehensif dan mewakili isi keseluruhan jurnal yang telah Anda buat.
Anda harus memiliki kemauan yang besar dan tidak mudah putus asa, terlebih soal penggunaan Bahasa Inggris. Keterbatasan Anda dalam menggunakan Bahasa Inggris yang baik dan benar sebaiknya tidaklah menjadi suatu hambatan. Yang paling penting adalah ide, konsep, dan pemilihan teori yang tepat dan berkualitas. Soal tata bahasa dan tata tulis dapat diserahkan pada proofreader.
Sekarang ini banyak reviewer dan editor jurnal internasional yang ‘mengerti’ akan keterbatasan penggunaan bahasa yang dimiliki oleh para non-native seperti kita. Reviewer dan editor jurnal internasional umumnya akan jauh lebih fokus pada kontribusi teoritis daripada penggunaan bahasa. Jika Anda mendapatkan masukan dari reviewer dan editor untuk resubmit atau revise, ikuti saja sarannya untuk merevisi jurnal Anda lalu mengirimkannya kembali sesuai tenggang waktu yang disediakan. Namun jika jurnal Anda mendapat notifikasi reject, sebaiknya baca review dan jadikan isi review tersebut sebagai bahan perbaikan. Meski terkesan menyakitkan dan memalukan, tidak ada salahnya Anda perbaiki tulisan karya ilmiah Anda lalu kirimkan kembali.
Berbicara soal langkah-langkah penulisan sebuah jurnal pemasaran berstandard internasional, sebenarnya kita mempunyai cukup banyak referensi panduan yang dapat kita jadikan kiblat sebelum penulisan dimulai. Salah satunya yaitu panduan yang satu ini. Jurnal pemasaran internasional dan jurnal-jurnal internasional lainnya secara umum memiliki format standard yang terdiri dari beberapa bagian, yaitu: Judul Abstrak
Pendahuluan Bahan dan Metode Hasil Pembahasan Kesimpulan Daftar Pustaka Judul Tiap jurnal ilmiah, termasuk jurnal pemasaran, pastinya harus dilengkapi dengan judul. Dari membaca judul sebuah jurnal pemasaran, pembaca dapat mengetahui ini dari jurnal tanpa harus membaca keseluruhan isi jurnal. Misalnya saja sebuah jurnal internasional tentang pemasaran dengan judul “ The Effects of America’s financial Crisis toward World’s Property Business Marketing”, dari judul jurnal internasional ini saja kita setidaknya dapat memprediksi isi jurnal yang tentunya tak bisa jauh-jauh dari hal-hal yang ada kaitanya dengan efek atau dampak krisis keuangan yang dihadapi oleh Negara Amerika Serikat terhadap marketing bisnis properti dunia.
Abstrak Abstrak sebenarnya berbeda dengan ringkasan, hanya saja sebagian besar orang sulit untuk membedakannya. Abstrak dalam sebuah jurnal internasional berfungsi untuk memberi gambaran singkat mengenai isi jurnal. Pembuatan abstrak di sini memang diperlukan guna memperjelas isi jurnal internasional sehingga pembaca tidak harus membaca isi keseluruhan jurnal. Abstrak umumnya berupa selembar tulisan sebanyak kurang lebih 250 kata yang terdiri dari rangkuman tujuan penelitian, metode penelitian, dan kesimpulan.
Dalam menulis abstrak, tidak boleh ada kutipan atau singkatan apapun. Di dalam abstrak, penulis juga tidak boleh menyertakan catatan kaki dan abstrak sebaiknya ditulis terakhir alias setelah semua bagians jurnal telah dibuat. Ada tips singkat bagi Anda yang ingin membuat abstrak. Cara yang paling mudah untuk menulis abstrak adalah dengan mengutip poin-poin penting yang terdapat di beberapa bagian jurnal. Setelah itu, buatlah deskripsi singkat dan jelas dari poin-poin tersebut.
Pendahuluan Pendahuluan, dalam sebuah jurnal pemasaran internasional, berisi pernyataan kasus yang hendak diteliti. Informasi yang terdapat pada bagian pendahuluan sebuah jurnal tentunya berupa latar belakang masalah terkait dengan topik yang hendak diangkat, yang kemudian mengarah pada tujuan spesifik. Pada bagian ini, penulis mencantumkan kumpulan ringkasan penelitian yang sebelumnya telah dilakukan terkait dengan topik yang akan dibahas dalam jurnal.
Di samping itu, pada bagian pendahuluan terdapat ulasan tentang bagaimana sebuah penelitian akan turut membantu untuk memperluas pengetahuan di bidang yang akan diteliti nantinya. Perlu diingat bahwa dalam membuat bagian pendahuluan, sebaiknya tidak menjabarkan latar belakang terlalu luas. Bahan dan Metode Penelitian Bagian ini menjelaskan seputar penggunaan metode dan bahan dalam sebuah percobaan. Penulis sekaligus peneliti nantinya akan menjelaskan beberapa bagian seperti desain penelitian, instrumen, metode pengumpulan data, dan lain sebagainya.
Semua bagian tersebut harus dijabarkan secara detail sehingga para pembaca mengetahui teknik dasar penelitian selama proses penelitian tengah dilangsungkan. Hasil Penelitian Hasil penelitian menyajikan data-data yang telah dianalisis dengan menggunakan metode penelitian yang sebelumnya telah dijelaskan pada bagian metode dan bahan. Hasil analisis kemudian dijelaskan secara deskriptif dan singkat yang juga didukung dengan instrumen penelitian berupa tabel, gambar, atau jenis instrumen penelitian lainnya.
Penggunaan instrumen penelitian bersifat optional yang artinya peneliti diperbolehkan memilih instrumen penelitian yang sesuai dengan kebutuhan. Akan tetapi perlu diingat bahwa, pada bagian hasil, peneliti hanya menyajikan hasil penelitian saja. Peneliti tidak perlu memaparkan hasil penelitian secara detail karena penjelasan detail soal hasil penelitian nantinya akan dipaparkan di bagian pembahasan. Peneliti juga tidak perlu menyertakan kesimpulan pasca menganalisis data karena kesimpulan akan dijabarkan di bagian kesimpulan penelitian.
Data yang disajikan sebaiknya didukung dengan teks naratif sehingga para pembaca jurnal akan mudah memahami hasil intepretasi singkat dari masing-masing data. Pembahasan Pada bagian pembahasan, peneliti yang juga sekaligus penulis jurnal menjelaskan hasil penafsiran data yang telah berhasil dikumpulkan. Hasil penafsiran data nantinya berisi hubungan antar variabel percobaan. Dari hasil tafsir ini, pembaca dapat melihat korelasi antar variabel dengan jelas. Pada bagian ini juga peneliti menyertakan deskripsi yang berbeda dengan hipotesis atau hasil yang berbeda atau sama dengan penelitian-penelitian sebelumnya yang memiliki topik yang berkaitan dengan topik yang diangkat dalam penelitian ini.
Perlu diketahui bahwa tiap penelitian tidak harus menunjukan hasil yang berbeda. Apabila terdapat hasil yang negatif, hasil negatif juga perlu ditunjukan dan dijelaskan karena mungkin hasil negatif ini justru menjadi sesuatu yang penting yang perlu diangkat di penelitian ini. Kesimpulan Kesimpulan pada sebuah jurnal internasional, termasuk jurnal-jurnal pemasaran internasional, berisi kesimpulan akhir dari kegiatan analisis data-data yang telah diperoleh dan yang telah diproses. Kesimpulan pada sebuah jurnal biasanya berupa ulasan singkat saja dan pastinya sangat terkait dengan objektif penelitian serta mengacu pada bagian pendahuluan penelitian.
Daftar Pustaka Daftar pustaka berisi informasi sumber pustaka yang memang wajib ditulis. Sumber pustaka wajib ditulis secara urut abjad. Tujuannya agar pembaca dapat dengan mudah mencari literatur asli apabila diperlukan. Pastikan semua sumber pustaka wajib ditulis secara lengkap dan jelas karena dapat menjadi acuan referensi bagi para pembaca dan calon peneliti lainnya. Penulisan jurnal pemasaran dan jurnal-jurnal lainnya yang berstandard internasional pada dasarnya tidak terlalu berbeda dengan penulisan jurnal-jurnal lokal. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, terkait dengan penulisan jurnal internasional.
Salah satunya yaitu jurnal pemasaran internasional yang dibuat sebaiknya mengangkat isu atau kasus yang diminati oleh dunia internasional. Dengan kata lain, isu/ topik/ kasus yang dipilih sebaiknya bersifat universal. Selain itu, hal lainnya yang wajib diperhatikan ketika akan membuat sebuah jurnal pemasaran internasional yaitu penggunaan bahasa internasional.
Terkait dengan penggunaan bahasa internasional, dikenal sebuah istilah editorial boards yang tak lain adalah editor-editor handal yang berasal dari berbagai negara. Ada juga istilah consulting editor dan reviewer yang juga berasal dari berbagai negara. Apabila sebuah jurnal telah lolos dari editorial boards atau minimal lolos dari consulting editors dan reviewer, jurnal tersebut sudah tentu dapat beredar luas ke berbagai negara.
Bahkan dapat diakses secara online melalui situs-situs khusus penyedia jurnal internasional. Selain beberapa kriteria di atas, ada satu hal yang paling penting dalam membuat sebuah jurnal pemasaran internasional, yaitu kualitas jurnal. Jurnal dengan kualitas yang baik yaitu jurnal yang mendapatkan pengakuan dari para pembaca internasional dan menjadikan jurnal tersebut sebagai referensi bagi para pembaca dari berbagai negara. Semakin banyak pembaca dari berbagai negara yang membaca isi jurnal tersenut, tandanya jurnal tersebut berkualitas.
Satu hal yang perlu dicatat bahwa tidak semua jurnal pemasaran internasional yang ditulis dalam Bahasa Inggris, secara otomatis menjadi jurnal-jurnal internasional. Lantas, apa manfaat dari publikasi jurnal pemasaran internasional? Tentunya ada banyak sekali manfaat dipublikasinya jurnal-jurnal pemasaran internasional, dan berikut informasinya: jurnal pemasaran internasional dan jurnal-jurnal internasional lainnya tentunya dapat dimanfaatkan sebagai referensi atau sumber pustaka bagi para pembacanya.
Para pembaca ini bisa berasal dari kalangan mana saja. Misalnya saja para akademisi, mahasiswa, siswa, ahli yang terkait dengan bidang pemasaran/ bidang yang tengah dibahas dalam jurnal, dan pihak-pihak tertentu yang membutuhkan informasi terkait dengan isi jurnal. jurnal pemasaran internasional dan jurnal-jurnal internasional bidang lainnya juga turut membantu dalam peningkatan kualitas SDM para akademisi seperti dosen dan peneliti.
Hal ini sesuai dengan peraturan terbaru tentang persyaratan kenaikan jabatan/ pangkat dosen yang mana jurnal internasional menjadi salah satu persyaratan yang harus dipenuhi secara mutlak untuk bisa mendapatkan kenaikan pangkat. Menurut sebuah informasi, publikasi jurnal internasional turut menyumbang kredit 40. Sementara itu, DIKTI melalui URGE juga menyediakan penghargaan berupa uang tunai puluhan juta rupiah untuk para peneliti yang telah mempublikasikan jurnal internasional, termasuk jurnal pemasaran internasional berkualitas. Setelah jurnal internasional telah dibuat, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan sebelum mempublikasikanya yaitu mencari media yang bersedia menampung dan mempublikasikan jurnal kita.
Cara yang paling mudah yaitu dengan memanfaatkan lembaga atau institusi seperti universitas di mana peneliti kuliah atau mengajar. Di samping itu, kita juga bisa menggunakan fasilitas perpusatakaan yang juga menerima karya-karya ilmiah yang serupa dengan jurnal yang telah kita buat. Dan alternatif yang terakhir yaitu dengan mendaftarkan jurnal internasional kita ke perpustakaan nasional agar jurnal kita dapat diakses oleh para member perpusnas dan juga para pembaca dari berbagai negara.
Semoga bermanfaat.
Tak heran jika jurnal-jurnal internasional kerap dicari bahkan saat baru diterbitkan. Jurnal-jurnal yang diterbitkan memuat topik dari berbagai bidang; salah satunya yaitu bidang ekonomi, tepatnya pemasaran. Dengan kata lain, jurnal pemasaran adalah sebuah terbitan bersifat ilmiah yang berisi tentang kajian dan hasil penelitian tentang topik atau kasus yang ada kaitanya dengan pemasaran.
Dalam menulis sebuah jurnal internasional, termasuk jurnal internasional tentang pemasaran, kita harus memperhatikan sumber atau referensi yang sebaiknya umum digunakan sebagai referensi karya-karya ilmiah. Kita juga wajib dapat membedakan antara jurnal dan artikel berstandard internasional karena bagi mereka yang awam dengan aktivitas penulisan karya-karya ilmiah yang berstandard internasional, tentunya sulit membedakan antara artikel dan jurnal internasional. Padahal keduanya berbeda. Salah satu perbedaan yang paling mencolok yaitu jumlah halaman dari masing-masing jenis karya tulis tersebut.
Artikel internasional tentu ditulis dengan jumlah halaman yang jauh lebih sedikit karena isi artikel dibuat ringkas dan singkat. Sementara itu, jurnal internasional memiliki jumlah halaman yang lebih banyak karena hal yang dibahas dibuat terperinci dan jelas.
Kemudian perbedaan lainnya yaitu dalam menulis sebuah jurnal internasional, jurnal pemasaran misalnya, penulis wajib mencantumkan judul jurnal yang singkat namun padat, serta tertarget (sesuai dengan apa yang hendak dibahas di dalam isi jurnal). Nama penulis plus alamat email serta asal institusi/ lembaga si penulis juga wajib dicantumkan. Berbeda dengan artikel internasional yang mana penulis bebas mencantumkan/ tidak mencantumkan nama dirinya serta institusi yang menaunginya.
Dan perbedaan yang paling menonjol antara jurnal dan artikel internasional yaitu abstrak yang hanya ada pada jurnal. Abstrak adalah ringkasan dari isi jurnal. Dengan hanya membaca abstrak sebuah jurnal internasional, kita dapat mengetahui inti dari jurnal internasional tersebut.
Di samping itu, jurnal internasional juga memuat bagian introduction/ pendahuluan, metodologi yang digunakan sebelumnya dan metodologi yang akan diusulkan, implementasi, konklusi/ kesimpulan, dan referensi. Intinya, sebuah jurnal internasional memuat konten yang lebih kompleks dan detail, sedang artikel internasional, dilihat dari isinya, artikel internasional tidak begitu detail. Trik Penulisan Jurnal Pemasaran Internasional Dalam menulis sebuah jurnal internasional, ada beberapa trik yang dapat Anda coba aplikasikan ketika akan menulis dan mempublikasikan sebuah jurnal internasional.
Berikut trik-triknya: Niat Niat menjadi modal utama dan pertama jika Anda ingin menulis sebuah jurnal internasional. Tanpa niat, segala hal yang telah direncanakan hanyalah rencana. Oleh karenanya, penting sekali bagi Anda yang berminat meneliti sebuah kasus lalu mempublikasikannya sebagai sebuah jurnal internasional, pastikan niatkan terlebih dahulu. Dengan niat yang besar, tentu satu per satu rencana yang telah dibuat akan mulai dikerjakan.
Mulai pelajari langkah-langkah menulis sebuah jurnal Pilih topik jurnal yang kita kuasai, misalnya kita memiliki pengetahuan yang cukup banyak tentang pemasaran, topik yang sebaiknya kita angkat adalah topik yang ada kaitanya dengan bidang pemasaran. Sebelum mempublikasikan jurnal Anda, pilihlah situs online yang menyediakan tempat khusus untuk publikasi jurnal tereakreditasi. Jika Anda merasa jurnal Anda memiliki kompetensi dan kualitas yang baik, masukan jurnal Anda ke situs dengan isi jurnal-jurnal yang terakreditasi dan rangkin tinggi.
Namun, bagi Anda para pemula, sebaiknya pilihlah situs dengan isi jurnal-jurnal dengan rangking yang masih rendah. Seiring meningkatnya kemampuan dan pengalaman menulis, jurnal Anda yang telah Anda tulis akan meningkat rangkingnya. Pililhlah kasus/ topik penelitian yang memberikan kontribusi bagi masyarakat dan para penikmat ilmu pengetahuan. Di samping itu, jurnal internasional yang telah diterbitkan di kancah internasional dapat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas performa para pembacanya yang ada di seluruh penjuru dunia. penggunaan literatur/ sumber sebaiknya berasal dari literatur terbaru dan sesuai dengan bahan kasus yang hendak dianalisa. Pilihlah metodologi, data, dan analisis yang tepat buatlah kesimpulan yang komprehensif dan mewakili isi keseluruhan jurnal yang telah Anda buat.
Anda harus memiliki kemauan yang besar dan tidak mudah putus asa, terlebih soal penggunaan Bahasa Inggris. Keterbatasan Anda dalam menggunakan Bahasa Inggris yang baik dan benar sebaiknya tidaklah menjadi suatu hambatan. Yang paling penting adalah ide, konsep, dan pemilihan teori yang tepat dan berkualitas. Soal tata bahasa dan tata tulis dapat diserahkan pada proofreader.
Sekarang ini banyak reviewer dan editor jurnal internasional yang ‘mengerti’ akan keterbatasan penggunaan bahasa yang dimiliki oleh para non-native seperti kita. Reviewer dan editor jurnal internasional umumnya akan jauh lebih fokus pada kontribusi teoritis daripada penggunaan bahasa. Jika Anda mendapatkan masukan dari reviewer dan editor untuk resubmit atau revise, ikuti saja sarannya untuk merevisi jurnal Anda lalu mengirimkannya kembali sesuai tenggang waktu yang disediakan. Namun jika jurnal Anda mendapat notifikasi reject, sebaiknya baca review dan jadikan isi review tersebut sebagai bahan perbaikan. Meski terkesan menyakitkan dan memalukan, tidak ada salahnya Anda perbaiki tulisan karya ilmiah Anda lalu kirimkan kembali.
Berbicara soal langkah-langkah penulisan sebuah jurnal pemasaran berstandard internasional, sebenarnya kita mempunyai cukup banyak referensi panduan yang dapat kita jadikan kiblat sebelum penulisan dimulai. Salah satunya yaitu panduan yang satu ini. Jurnal pemasaran internasional dan jurnal-jurnal internasional lainnya secara umum memiliki format standard yang terdiri dari beberapa bagian, yaitu: Judul Abstrak
Pendahuluan Bahan dan Metode Hasil Pembahasan Kesimpulan Daftar Pustaka Judul Tiap jurnal ilmiah, termasuk jurnal pemasaran, pastinya harus dilengkapi dengan judul. Dari membaca judul sebuah jurnal pemasaran, pembaca dapat mengetahui ini dari jurnal tanpa harus membaca keseluruhan isi jurnal. Misalnya saja sebuah jurnal internasional tentang pemasaran dengan judul “ The Effects of America’s financial Crisis toward World’s Property Business Marketing”, dari judul jurnal internasional ini saja kita setidaknya dapat memprediksi isi jurnal yang tentunya tak bisa jauh-jauh dari hal-hal yang ada kaitanya dengan efek atau dampak krisis keuangan yang dihadapi oleh Negara Amerika Serikat terhadap marketing bisnis properti dunia.
Abstrak Abstrak sebenarnya berbeda dengan ringkasan, hanya saja sebagian besar orang sulit untuk membedakannya. Abstrak dalam sebuah jurnal internasional berfungsi untuk memberi gambaran singkat mengenai isi jurnal. Pembuatan abstrak di sini memang diperlukan guna memperjelas isi jurnal internasional sehingga pembaca tidak harus membaca isi keseluruhan jurnal. Abstrak umumnya berupa selembar tulisan sebanyak kurang lebih 250 kata yang terdiri dari rangkuman tujuan penelitian, metode penelitian, dan kesimpulan.
Dalam menulis abstrak, tidak boleh ada kutipan atau singkatan apapun. Di dalam abstrak, penulis juga tidak boleh menyertakan catatan kaki dan abstrak sebaiknya ditulis terakhir alias setelah semua bagians jurnal telah dibuat. Ada tips singkat bagi Anda yang ingin membuat abstrak. Cara yang paling mudah untuk menulis abstrak adalah dengan mengutip poin-poin penting yang terdapat di beberapa bagian jurnal. Setelah itu, buatlah deskripsi singkat dan jelas dari poin-poin tersebut.
Pendahuluan Pendahuluan, dalam sebuah jurnal pemasaran internasional, berisi pernyataan kasus yang hendak diteliti. Informasi yang terdapat pada bagian pendahuluan sebuah jurnal tentunya berupa latar belakang masalah terkait dengan topik yang hendak diangkat, yang kemudian mengarah pada tujuan spesifik. Pada bagian ini, penulis mencantumkan kumpulan ringkasan penelitian yang sebelumnya telah dilakukan terkait dengan topik yang akan dibahas dalam jurnal.
Di samping itu, pada bagian pendahuluan terdapat ulasan tentang bagaimana sebuah penelitian akan turut membantu untuk memperluas pengetahuan di bidang yang akan diteliti nantinya. Perlu diingat bahwa dalam membuat bagian pendahuluan, sebaiknya tidak menjabarkan latar belakang terlalu luas. Bahan dan Metode Penelitian Bagian ini menjelaskan seputar penggunaan metode dan bahan dalam sebuah percobaan. Penulis sekaligus peneliti nantinya akan menjelaskan beberapa bagian seperti desain penelitian, instrumen, metode pengumpulan data, dan lain sebagainya.
Semua bagian tersebut harus dijabarkan secara detail sehingga para pembaca mengetahui teknik dasar penelitian selama proses penelitian tengah dilangsungkan. Hasil Penelitian Hasil penelitian menyajikan data-data yang telah dianalisis dengan menggunakan metode penelitian yang sebelumnya telah dijelaskan pada bagian metode dan bahan. Hasil analisis kemudian dijelaskan secara deskriptif dan singkat yang juga didukung dengan instrumen penelitian berupa tabel, gambar, atau jenis instrumen penelitian lainnya.
Penggunaan instrumen penelitian bersifat optional yang artinya peneliti diperbolehkan memilih instrumen penelitian yang sesuai dengan kebutuhan. Akan tetapi perlu diingat bahwa, pada bagian hasil, peneliti hanya menyajikan hasil penelitian saja. Peneliti tidak perlu memaparkan hasil penelitian secara detail karena penjelasan detail soal hasil penelitian nantinya akan dipaparkan di bagian pembahasan. Peneliti juga tidak perlu menyertakan kesimpulan pasca menganalisis data karena kesimpulan akan dijabarkan di bagian kesimpulan penelitian.
Data yang disajikan sebaiknya didukung dengan teks naratif sehingga para pembaca jurnal akan mudah memahami hasil intepretasi singkat dari masing-masing data. Pembahasan Pada bagian pembahasan, peneliti yang juga sekaligus penulis jurnal menjelaskan hasil penafsiran data yang telah berhasil dikumpulkan. Hasil penafsiran data nantinya berisi hubungan antar variabel percobaan. Dari hasil tafsir ini, pembaca dapat melihat korelasi antar variabel dengan jelas. Pada bagian ini juga peneliti menyertakan deskripsi yang berbeda dengan hipotesis atau hasil yang berbeda atau sama dengan penelitian-penelitian sebelumnya yang memiliki topik yang berkaitan dengan topik yang diangkat dalam penelitian ini.
Perlu diketahui bahwa tiap penelitian tidak harus menunjukan hasil yang berbeda. Apabila terdapat hasil yang negatif, hasil negatif juga perlu ditunjukan dan dijelaskan karena mungkin hasil negatif ini justru menjadi sesuatu yang penting yang perlu diangkat di penelitian ini. Kesimpulan Kesimpulan pada sebuah jurnal internasional, termasuk jurnal-jurnal pemasaran internasional, berisi kesimpulan akhir dari kegiatan analisis data-data yang telah diperoleh dan yang telah diproses. Kesimpulan pada sebuah jurnal biasanya berupa ulasan singkat saja dan pastinya sangat terkait dengan objektif penelitian serta mengacu pada bagian pendahuluan penelitian.
Daftar Pustaka Daftar pustaka berisi informasi sumber pustaka yang memang wajib ditulis. Sumber pustaka wajib ditulis secara urut abjad. Tujuannya agar pembaca dapat dengan mudah mencari literatur asli apabila diperlukan. Pastikan semua sumber pustaka wajib ditulis secara lengkap dan jelas karena dapat menjadi acuan referensi bagi para pembaca dan calon peneliti lainnya. Penulisan jurnal pemasaran dan jurnal-jurnal lainnya yang berstandard internasional pada dasarnya tidak terlalu berbeda dengan penulisan jurnal-jurnal lokal. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, terkait dengan penulisan jurnal internasional.
Salah satunya yaitu jurnal pemasaran internasional yang dibuat sebaiknya mengangkat isu atau kasus yang diminati oleh dunia internasional. Dengan kata lain, isu/ topik/ kasus yang dipilih sebaiknya bersifat universal. Selain itu, hal lainnya yang wajib diperhatikan ketika akan membuat sebuah jurnal pemasaran internasional yaitu penggunaan bahasa internasional.
Terkait dengan penggunaan bahasa internasional, dikenal sebuah istilah editorial boards yang tak lain adalah editor-editor handal yang berasal dari berbagai negara. Ada juga istilah consulting editor dan reviewer yang juga berasal dari berbagai negara. Apabila sebuah jurnal telah lolos dari editorial boards atau minimal lolos dari consulting editors dan reviewer, jurnal tersebut sudah tentu dapat beredar luas ke berbagai negara.
Bahkan dapat diakses secara online melalui situs-situs khusus penyedia jurnal internasional. Selain beberapa kriteria di atas, ada satu hal yang paling penting dalam membuat sebuah jurnal pemasaran internasional, yaitu kualitas jurnal. Jurnal dengan kualitas yang baik yaitu jurnal yang mendapatkan pengakuan dari para pembaca internasional dan menjadikan jurnal tersebut sebagai referensi bagi para pembaca dari berbagai negara. Semakin banyak pembaca dari berbagai negara yang membaca isi jurnal tersenut, tandanya jurnal tersebut berkualitas.
Satu hal yang perlu dicatat bahwa tidak semua jurnal pemasaran internasional yang ditulis dalam Bahasa Inggris, secara otomatis menjadi jurnal-jurnal internasional. Lantas, apa manfaat dari publikasi jurnal pemasaran internasional? Tentunya ada banyak sekali manfaat dipublikasinya jurnal-jurnal pemasaran internasional, dan berikut informasinya: jurnal pemasaran internasional dan jurnal-jurnal internasional lainnya tentunya dapat dimanfaatkan sebagai referensi atau sumber pustaka bagi para pembacanya.
Para pembaca ini bisa berasal dari kalangan mana saja. Misalnya saja para akademisi, mahasiswa, siswa, ahli yang terkait dengan bidang pemasaran/ bidang yang tengah dibahas dalam jurnal, dan pihak-pihak tertentu yang membutuhkan informasi terkait dengan isi jurnal. jurnal pemasaran internasional dan jurnal-jurnal internasional bidang lainnya juga turut membantu dalam peningkatan kualitas SDM para akademisi seperti dosen dan peneliti.
Hal ini sesuai dengan peraturan terbaru tentang persyaratan kenaikan jabatan/ pangkat dosen yang mana jurnal internasional menjadi salah satu persyaratan yang harus dipenuhi secara mutlak untuk bisa mendapatkan kenaikan pangkat. Menurut sebuah informasi, publikasi jurnal internasional turut menyumbang kredit 40. Sementara itu, DIKTI melalui URGE juga menyediakan penghargaan berupa uang tunai puluhan juta rupiah untuk para peneliti yang telah mempublikasikan jurnal internasional, termasuk jurnal pemasaran internasional berkualitas. Setelah jurnal internasional telah dibuat, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan sebelum mempublikasikanya yaitu mencari media yang bersedia menampung dan mempublikasikan jurnal kita.
Cara yang paling mudah yaitu dengan memanfaatkan lembaga atau institusi seperti universitas di mana peneliti kuliah atau mengajar. Di samping itu, kita juga bisa menggunakan fasilitas perpusatakaan yang juga menerima karya-karya ilmiah yang serupa dengan jurnal yang telah kita buat. Dan alternatif yang terakhir yaitu dengan mendaftarkan jurnal internasional kita ke perpustakaan nasional agar jurnal kita dapat diakses oleh para member perpusnas dan juga para pembaca dari berbagai negara.
Semoga bermanfaat.
Posting Komentar untuk "jurnal pemasaran internasional"